021 - 5630132 (Monday - Friday Office Hour 09:00 - 17:30) | 0811-8892689/ 0812-87888392 / 0813-82777396 [email protected]

Proyektor adalah salah satu alat untuk yang biasa digunakan untuk memproyeksikan sebuah presentasi berupa gambar ataupun video pada permukaan yang datar seperti layar atau dinding, namun apakah kamu pernah mencari tahu lebih dalam tentang proyektor, kali ini total rental akan membahas tentang proyektor yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Banyak jenis proyektor yang ada di dunia ini namun hanya sedikit yang dijual dipasaran, misalnya :

  1. CRT : Cathode Ray Tubecrt

Proyektor CRT adalah proyektor yang terdiri dari 3 lensa yang masing-masing lensa mmiliki 3 warna dasar (Merah, Hijau dan Biru) dari ketiga lensa ini digabungkan dengan lensa pembesar cahaya yang akan memproyeksikan gambar ke sebuah layar dalam ruangan yang gelap. Proyektor CRT adalah proyektor yang mampu mengahasilkan warna hitam yang paling hitam diantara semua proyektor. Namun Proyektor tipe CRT adalah proyektor yang cukup besar dan berbobot berat sehingga cukup sulit untuk dibawa berpergian.

  1. LCD : Liquid Crystal Display

lcd Proyektor jenis LCD adalah proyektor yang menghasilkan cahaya dari tiga panel kecil LCD. Proyektor LCD memiliki ukuran yang lebih kecil dari Proyektor CRT, kelebihan lain dari proyektor LCD adalah Harganya yang lebih murah dan lebih efisien untuk dibawa berpergian, Proyektor LCD memiliki gambar yang lebih terang karena penggunaan lampu yang terpisah. Untuk tampilan yang lebih sempurna dan terang, sebaiknya pilihlah proyektor LCD yang menggunakan LED backlight.

  1. LCoS : Liquid Crystal On Silicon

canon_5748b002_realis_wux5000_lcos_projector_851009cs-lcos Proyektor jenis LcoS adalah proyektor yang paling banyak ingin dimiliki kebanyakan orang karena teknologi pada proyektor ini merupakan hasil gabungan dari teknologi LCD dan DLP.  LCoS adalah proyektor yang paling baik untuk menampilkan gambar pada screendibanding jenis proyektor lainya, tetapi proyektor jenis ini harganya jauh lebih tinggi dari proyektor jenis lainya yang beredar dipasaran.

 

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli atau menyewa proyektor, antara lain adalah :

  • Resolusi

Semakin tinggi resolusinya sebuah proyektor, maka gambar yang ditampilkanpun semakin sempurna. Sebagian besar proyektor menggunakan teknologi SVGA atau XGA. Semakin Besar resolusinya maka semakin besar pula layar yang dapat dijangkaunya.

  • Bobot

Biasanya bobot adalah salah satu hal penting yang harus kita perhatikan, namun semakin ringan bobot proyektor yang ingin kita gunakan semakin dalam jugga kita merogoh kocek kita.

  • Brightness

Brightness memegang peranan penting dalam penggunaan sebuah proyektor. Sebuah proyektor yang memiliki kemampuan brightness yang tinggi akan sangat mendukung bila Anda ingin menampilkan gambar dalam ukuran yang besar. Selain kemampuan brightness, intensitas cahaya dalam sebuah ruangan juga berpengaruh pada tampilan gambar proyektor. Pada sebuah ruangan dengan intensitas cahaya yang rendah, maka lampu proyektor akan terlihat dengan jelas.

  • Contrast Ratio

Contrast Ratio berguna untuk mengukur bagian tergelap dan warna hitam, serta bagian paling terang dan warna putih yang terproyeksi. Contrast Ratio berfungsi memperkirakan tingkat cahaya proyektor untuk semua jenis kondisi cahaya ruangan.

  • Fitur

plug and play Sebagian besar proyektor portabel masa kini telah menggunakan fitur plug and play, mudah digunakan dan bisa disetting dengan tepat. Jadi, Anda hanya membutuhkan soket listrik saja. Anda cukup menancapkan kabel proyektor di soket listrik saja dan proyektor pun siap digunakan. .

Sekian penjelasan dari kami mengenai proyektor semoga bermanfaat bagi akamu yang ingi membeli atau menyewa projector yang akan digunakan untuk presentasi atau acara lain yang ingin kamu laksanakan.